Rabu, 30 Juli 2008

Mendapatkan Uang dari Blog dengan Ad Network Indonesia



Masalah yang sering dialami oleh blogger Indonesia yang tidak mau belum mampu berbahasa Inggris adalah susahnya mendapat penghasilan dari blog dengan Ad Network PPC asing. Terutama kebijakan Google Adsense yang tidak mendukung penggunaan Adsense for Content untuk blog dengan konten berbahasa Indonesia. Padahal, untuk membangun sebuah blog, keluwesan bahasa merupakan salah satu kunci dalam membuat artikel yang bagus. Untungnya, bagi pemain paid review dalam bahasa Inggris, anda bisa mengambil ide mas Ecko untuk menyisipkan Adsense di Blog berbahasa Indonesia.

Sebenarnya, sejak tahun 2005 lalu, saya sudah menemukan program dalam negeri yang mengadakan program PPC untuk situs affiliasi mereka. Sayangnya, saya pribadi berpendapat aturan mereka agak sedikit curang, dan saya akan merasa berdosa bila mengarahkan seseorang untuk mengikuti program penghasil uang di internet milik mereka.

Namun, sekarang program PPC Indonesia sepertinya mulai menggeliat dan digemari. Bahkan om Cosa juga sudah mereview beberapa PPC Indonesia. Melihat hal ini, saya juga ikutan tertarik untuk mengikuti program-program tersebut. Tapi jujur saja, saya masih newbie untuk urusan PPC Indonesia, jadi belum bisa berbagi performance mereka dalam menghasilkan uang dari blog kita.

Sayangnya, bagi para publisher PPC asing yang sudah terbiasa dimanjakan pandangannya dengan tampilan iklan adsense, widgetbucks dll, mungkin akan merasa kecewa dengan desain dari iklan program PPC Indonesia. Belum lagi masalah akun bank rekomendasi yang berbeda untuk setiap program. Akan sangat boros sekali bagi orang yang memiliki akun bank selain BCA dan Mandiri bila mereka harus menambah satu akun lagi (sebulan Rp.10.000,- biaya administrasinya) padahal payout dari PPC Indonesia juga tidak terlalu besar jika blog anda belum ramai.

Tapi program PPC Indonesia bukanlah tidak memiliki daya jual tersendiri untuk menghasilkan uang melalui blog berbahasa Indonesia. Jujur saja, menurut pendapat pribadi saya, terkadang bahasa Iklan yang ditampilkan itu terlalu bombastis dan tidak sesuai dengan kenyataan. Padahal orang mungkin akan tertarik dengan iklan tersebut dan mengekliknya, namun gagal terkonversi menjadi leads bagi pemasang iklan.

*Ya.. itu yang rugi kan yang masang iklan, kita sebagai publisher sih senang-senang aja ya :D *

Sekarang kesempatan sudah ada bagi kita, jadi mari kita manfaatkan saja keberadaan mereka. Bagi blogger yang blognya belum ramai dan harus membuka akun tabungan dulu, saya sarankan anda meningkatkan traffic blog anda dulu baik dengan SEO maupun tanpa SEO. Sayang bila uang anda tiap bulan digerogoti oleh biaya bulanan tabungan.

Dan supaya saya tidak tergabung dalam gerakan No Action Talking Only, saya akan langsung mencoba KlikSaya dulu. Soalnya paling sering lihat iklan mereka di blog-blog yang sering saya kunjungi :)

Tidak ada komentar:

adsense - Google News