Rabu, 30 Juli 2008

30 Tips Untuk Mendapatkan Traffic Blog


  1. Tinggalkan jejak blog kamu di blog lain dengan memberikan komentar. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan memasang widget MyBlogLog dan mengunjungi blog dari orang-orang yang telah mengunjungi blog kamu.

  2. Tidak ada suatu hal yang dapat mendatangkan traffic dalam jangka waktu yang lama selain nilai tambah. Pertimbangkan untuk menulis artikel berdasarkan fakta dan sumber yang terpercaya, atau menjelaskan bagaimana sesuatu hal itu bisa terjadi. Suatu hal yang bermanfatat tinggi akan mendapatkan link dan akan dimasukkan dalam daftar del.icio.us, yang mana lebih baik ketimbang masuk ke dalam halaman depan digg.

  3. Informasikan kepada berbagai search engine dan situs-situs direktori artikel seperti Technorati (dengan menggunakan fitur ping) ketika blog kamu memiliki artikel baru atau menambahkan fitur-fitur lain. Langkah ini akan memastikan blog kamu akan mendapat traffic yang maksimum dari situs-situs layanan tersebut.

  4. Kemudahan/Kesederhanaan. Fokuskan perhatian terhadap isu-isu penting yang kamu kuasai. Hal ini mungkin adalah sesuatu yang sangat sukar untuk dicerna oleh orang awam dan sangat sulit untuk mereka implementasikan. Tugasmulah sebagai sang ahli untuk membuatnya lebih sederhana dan mudah untuk dicerna oleh orang lain dengan caramu sendiri dan dengan gaya yang enak sehingga dapat diterima dengan baik. Fakta di lapangan mengatakan bahwa, artikel yang sederhana akan muncul lebih dulu sebelum artikel yang lebih berat di hasil pencarian search engine. Besar kemungkinan hal inilah yang mendasari peningkatan traffic dari sebuah blog, orang-orang mencari dan menginginkan bantuan atau penjelasan mengenai sesuatu hal yang ada di blog kamu.

  5. Ciptakan sesuatu hal yang bisa diperdebatkan. Tulisan yang sering menarik minat orang lain untuk berkomentar, mengeluarkan pendapatnya, contohnya mungkin tulisan mengenai politik, coba tulis dalam bentuk humor, menggelitik, tajam.

  6. Tips/panduan/saran/petunjuk/nasehat yang sederhana dan berguna. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan jumlah page views blog kamu.

  7. Ikutkan artikel kamu ke blog carnivals, sesuaikan dengan topik yang tersedia.

  8. Newsgroups.

  9. citakan sebuah desain template baru. Hal ini bukan hanya akan membuat blog kamu lebih terlihat menarik bagi pembaca reguler, tetapi kamu juga dapat memasukkannya ke beberapa CSS gallery untuk ditampilkan di sana. Hal ini akan membuat kamu terkenal dan akan menghasilkan banyak traffic bagi blog kamu dan backlink dari situs-situs tersebut dan blog yang memakai template hasil kreasi kamu.

  10. Ikut serta secara aktif dalam berbagai percakapan, baik forum ataupun newsgroup atau memberikan komentar pada blog yang terkait. Mulailah percakapan dari blog kamu sendiri. Jangan hanya menerbitkan artikel dan membiarkannya begitu saja, rangkul audiens, berikan pertanyaan atau jawaban.

  11. Berikan komentar pada berbagai blog, tulis hal-hal yang bermanfaat dan jalinlah hubungan baik dengan siapa saja, dapatkan teman sebanyak mungkin.

  12. Kamu harus aktif untuk menciptakan atau mendatangkan traffic. Saya selalu memberikan komentar di blog lain yang terkait dengan topik blog Saya, dan Saya meninggalkan link dari blog Saya sebagai signature pada berbagai forum. Sebarkan kata-kata yang menjelaskan tentang blog kamu dan ini bisanya menarik pembaca.

  13. Jalan-jalan dan melihat-lihat MyBlogLog, pasti blog kamu akan mendapatkan pengunjung. Juga usahakan semaksimal mungkin untuk bergabung pada berbagai komunitas yang terkait dengan topik blog kamu.

  14. Tips terbaik untuk mendapatangkan traffic adalah secara offline dengan memasukkan URL blog kamu pada berbagai daftar, semisal kartu nama, kop surat, pamflet/selebaran. Bahkan Saya membuat stiker yang bertuliskan URL blog Saya di kendaraan Saya.

  15. Baca sebanyak mungkin blog orang lain. Tinggalkan trackbacks. Pastikan blog kamu teroptimasi oleh search engine. Saya rekomendasikan social bookmarking seperti digg (baik untuk mendapatkan ide baru maupun mendapatkan traffic).

  16. Tinggalkan komentar pada blog lain. Jika kamu udah membaca artikelnya, maka tinggal memberikan komentar yang isinya setuju atau tidak setuju mengenai tulisan tersebut, kamu harus meninggalkan link ke situs kamu, kalau udah kamu lakukan, maka kamu hampir mendpatkan traffic ke blog kamu melalui komentarmu.

  17. Posting artikel 3 s/d 5 kali per hari. Gunakan layanan ping seperti pingomatic atau konfigurasi blog kamu untuk melakukan ping pada beberapa layanan ping. Jalin hubungan dengan pembacamu. Buatlah suatu polling, berikan pertanyaan, sediakan quiz, aplikasi, dan lain-lain. Buatlah agar mereka mau untuk berkunjung kembali ke blog kamu, dan juga agar mereka mau merekomendasikan blog kamu kepada kenalan mereka yang lain.

  18. Komunitas. Hanya satu kata namun memiliki arti sangat penting bila dikaitkan dengan dunia blogger. Ukuran yang pas dan masuk akal untuk kegiatan blog adalah semangat komunitas yang blogger miliki. Membangun komunitas blog akan membawa faedah berupa peningkatan traffic blog kamu. Pertanyaannya, “bagaimana caranya untuk memulai?” Respon yang paling hangat untuk membangun traffic selalu berkisar pada “SEO, situs social bookmarking, dan komentar pada blog” tetapi kesemua itu dapat disederhanakan yaitu “menjadi bagian suatu komunitas”. Cara termudah untuk menyemai blog kamu adalah menyemainya pada komunitas yang sudah ada. Tetapi cara satu-satunya untuk melakukan hal itu adalah menjadi bagian dari komunitas kamu sendiri.

  19. Lensa Squidoo adalah cara bagus untuk membangun/mandapatkan traffic. Dengan menggunakan lensa, kamu dapat membangun komunitas sendiri, termasuk beberapa halaman populer komunitas lainnya. Memasukkan blog kamu ke dalam daftar komunitasadalah metode bagus untuk meningkatkan/mendapatkan traffic.

  20. Artikel yang telah ditulis berdasarkan keyword yang telah diteliti dengan baik dan diterima oleh EzineArticles cenderung mendapatkan posisi tinggi di Google untuk kategori pencarian keyword tersebut.

  21. jika kamu dapat menyisihkan sedikit waktu untuk mendesain template blog kamu, Saya merekomendasikan untuk memasukkan situs kamu ke portal desain template bukan hanya untuk mendapatkan tambahan traffic tteaptetapi juga untuk membangun komunitas tambahan bagi blog kamu.

  22. Libatkan diri kamu kedalam komunitas “MySpace-Like”. Saya membagi pemikiran Saya di forum, ciptakan grup untuk niche yang sesuai topik blog kamu.

  23. Setiap orang pasti tahu bahwa situs-situs social bookmarking seperti digg, del.icio.us, dll mendatangkan banyak traffic. Tetapi sekarang Saya memasukkan beberapa artikel ke blogg-buzz.com.

  24. Ikut berpartisipasi kedalam Yahoo Answers dan LinkedIn Answers dimana kamu dapat mendemonstrasikan kemahiran kamu, hubungkan dengan keyword yang relevan dan tinggalkan URL kamu di sana.

  25. Jadi yang pertama dalam menulis artikel mengenai “Sepuluh Blog Terbaik” yang memiliki kesamaan niche/topik dengan blog kamu.

  26. Ikut berpartisipasi dalam forum adalah cara terbaik untuk mendapatkan pembaca setia. Baik memancing orang lain dengan link pada bagian signature atau mem-posting nasehat dan tips yang baik dan berguna akan memberikan blog kamu banyak traffic dengan kualitas tinggi, yang hasil akhirnya adalah pengunjung yang setia dan rela untuk kembali ke blog kamu.

  27. Trik sederhana yang sudah Saya gunakan untuk meningkatkan traffic blog Saya adalah dengan ikut berpartisipasi dalam proyek tulisan grup.

  28. Jangan lupakan arsip artikel kamu. Buatlah sebuah posting artikel yang isinya adalah kumpulan dari beberapa artikel kamu yang banyak diminati orang lain, dan kalau perlu masukkan juga data-data lain yang didapatkan dari penelitian secara offline baik wawancara, observasi, dll.

  29. Buat suatu tulisan yang sifatnya kontroversial, maksud Saya adalah jangan membuat artikel yang kontroversial hanya untuk mendapatkan traffic.

  30. Temukan blog yang menurutmu sangat bagus yang topiknya sesuai/sama dengan blog kamu dan hubungi pemiliknya. Perkenalkan dirimu dan kirimkan link blog kamu. Hal ini dapat membantu mereka untuk menemukan blog kamu, membacanya dan mungkin memberikan kamu link di blog mereka.

Tidak ada komentar:

adsense - Google News