Rabu, 30 Juli 2008

Contohlah Netpreneur Bali (I)

Dimanakah gerilyawan SEO itu ada? jawaban saya adalah… paling banyak ada di Bali. Anda tahu akibat gerilyawan SEO di Bali? all any keyword seputar Bali di penuhi pebisnis lokal saat ini, 8 tahun yang lalu ketika saya memutuskan hijrah ke Bali, kata kunci sekitar Bali masih dipenuhi oleh orang orang asing. Akibatnya adalah…. ketika Bali terkena musibah Bom Bali I dan II, ketergantungan Bali terhadap asing sangat besar. Alhasil… Bali merana! Sekarang?… bisa senyum deh…

Dulu harga layanan SEO bisa sampai 50juta. Sekarang?… tidak lagi… banyak SEO company bule di Bali pada tutup, liat ganasnya SEO enginer lokal bersikap realistis, tentunya dengan jiwa nasionalisme mereka. Saat ini, Anda boleh search kata kunci apa saja seputar Bali, seperti; bali villas, bali handicraft, bali hotels dll. semua sudah di dominasi netpreneur lokal. Dengan begitu, pemasukan US$ tidak masuk ke mereka lagi (perusahaan asing yang ada di luar Indonesia), tapi direct to Bali. Devisa negara naik karena internet di Bali.

Biasanya, perusahaan asing di Singapore atau Hongkong menjual ke elokan Bali melalui internet dan transaksi direct masuk ke singapore atau hongkong. Dan orang orang di Bali hanya dapat harga ampas saja (harga hotel/villa di tekan bukan main oleh pihak asing) dan ketergantungan Bali terhadap asing. Sekarang? tidak lagi…. karena all keyword sudah di duduki oleh orang Indonesia. Yessss!!!!!!………

Orang asing kalo mo liburan ke Bali tinggal search kata kunci, dan dengan Google dan Yahoo! ekonomi rakyat Bali mampu terangkat. Di peta intenet Indonesia, netpreneur maupun seo enginer Bali jarang di liput oleh wartawan maupun disimak oleh netter Indonesia, karena mereka rendah hati (maklum dah banyak duit). Rekomendasi saya… kalo mau bisnis online, datanglah ke Bali. Karena aura netpreuner disana “SELL YOUR OWN PRODUCT”, orang di Bali diajak mainan adsense maupun afiliasi kurang peminat. Karena mindset jualan produk sendiri dan hasil yang di rasakan sangat besar.

(Tanpa mengurangi rasa hormat bagi Anda yang suka cari duit di internet dengan adsense dll.) Bayangkan kalo orang di Bali pada bisnis click pay (adsense dll), apakah Bali bisa sebesar ini? Bali besar karena semua rakyatnya mempunyai produk dan menjual “Bali”. Mulai guide pariwisata, sopirnya sampai perusahaan multinasional pada jualan online. Ternyata memang benar, “Tidak ada pemain raksasa di internet”. Alhasil, profesionalisme bisnis dan layanan dengan sepenuh hati akan beda didapat ketika anda berlibur ke Bali.

Multi efek dari banyaknya order dan semakin dikenalnya Bali di internasional sangat dahsyat, Bali jarang ada demo dan tindakan anarkis yang hura hara (BBM naik di Bali juga gak ada demo… heheheheh). Itu semua karena bisnis berjalan dengan seimbang dan proses penjual dan pembeli jalan beriringan. Akhirnya pengangguran berkurang, kalo toh ada yang nganggur… ya emang pas gak ada job ajah;))

Contoh… para gerilyawan SEO di Bali, bisa diliat si Agus Brokencode ikutan SEO competition juga baru kali ini, biasanya seh seo competitionnya lebih berat, jadi si brokencode and team sambil merem keliatannya;) adalagi si krisna, sukandia dll. Mereka cukup disegani di Bali dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah gak jaman pamer sreenshot pendapatan perbulan. Khan gak lucu kalo member BVRA.net pada pamer pendapatan bisnis online mereka? yang jelas…. nanti kalo pamer screenshot malah aneh… pameran duit kok milyaran;), mereka yang saya sebut diatas (sorry yang lupa kesebut) banyak berperan terhadap pembangunan ekonomi Bali, demi menghindari era VOC di internet.

Contohlah jejak Bung Adi. Dia mantan konsultan di BI… tapi enjoy jualan rental villa tapi yang di jual villa di Thailand,… heheheheheh…. Bung Adi menjajah thailand… semua villa terbaik di Thailand di jualin di internet, duitnya masuk ke saku Bung Adi dan karyawannya. Thailand dapet harga pokok doang. very good……… ini alat alat penjajahan Bung Adi: villarentalasia.com phuketvillasonline.com samuivillasonline.com

Kapan kita akan seperti Bung Adi, usia masih muda belia tapi berani melangkah menuju global.

So? Bung Adi menjajah Thailand hanya pake sarung ajah di rumah… bisnis dah lintas negara. Andapun bisa seperti itu. Saya juga mulai melakukan penjajahan ke negara tersebut. Hehehehe…. Apa yang sulit yah? gak ada sulitnya kalo anda memulainya dari sekarang.

Untuk wartawan,… sekali kali meliput Bali yah… banyak milyader internet dari sana. Real milyader! dan milyader itu pelan pelan saya suruh mengajarkan sekses mereka di indonesiabootcamp.com (thx before to pak kadek). Selamat atas kantor barunya (sekalipun saya belom liat).

Saya akan ulas netpreuner Bali selanjutnya yang memang harus di ikuti oleh rakyat Indonesia. Mereka layak dijadikan contoh. Mereka mutira terpendam dan mereka layak dijadikan UKM berhasil di internet.

Tidak ada komentar:

adsense - Google News